C-Arm Radiography Fluoroscopy merupakan salah satu alat radiologi yang digunakan untuk melihat gambar atau objek dari seseorang yang akan dilihat langsung dengan cara fluoroskopi dengan bantuan layar monitor. Prosedur pemeriksaan ini menggunakan mesin yang cukup besar berbentuk, seperti huruf C di mana di satu sisi ujung C berfungsi untuk menghasilkan sumber cahaya X-ray, sedangkan di ujung lainnya merupakan layar fluoresen.

 

Layar fluoresen adalah layar yang digunakan untuk memindai sinar atau radiasi elektromagnetik lain yang telah diserap oleh suatu zat. Alat radiologi ini umumnya digunakan dalam proses pelayanan medis pada penyakit organ dalam, tulang, dan tindakan operasi. C-Arm Radiography Fluoroscopy, termasuk prosedur yang cukup aman dilakukan karena menggunakan dosis radiasi yang rendah.

Keunggulan alat ini, letak benda atau objek yang ingin diperiksa di dalam tubuh dapat dengan mudah dideteksi dan dilihat langsung. Yang lebih canggihnya lagi, teknologi C-Arm juga mampu menampilkan objek secara tiga dimensi, sehingga dapat dilihat dengan lebih jelas dan utuh dari berbagai sisi dan posisi.

Selain itu alat ini juga unggul dalam meminimalkan kesalahan dalam memprediksi letak objek, diagnosis, dan tindakan medis lainnya.

C-Arm Radiography Fluoroscopy juga sering digunakan dalam proses operasi karena dapat memperlihatkan proses pelaksanaan tindakan medis atau bagian dalam organ tubuh manusia lainnya secara real time, sehingga proses tersebut dapat berjalan dengan mudah, akurat, aman, dan nyaman.

Sumber: www.halodoc.com